Membentuk perilaku dan sifat anak yang baik adalah dengan pendidikan dan lingkungan yang baik pula. Anak-anak umumnya tidak suka apabila diceramahi atau didikte. Banyak cara yang variatif dan menyenangkan untuk mendidik anak, salah satunya adalah menonton film. Dengan menonton film, anak akan merasakan pengalaman baru dalam dirinya. Ada banyak film inspiratif yang bisa ditonton bersama anak yang mengandung nilai pesan kuat dan baik yang dapat memberikan pelajaran untuk dirinya. Yuk, simak rangkuman gurubumi  rekomendasi 5 film yang inspiratif dan wajib ditonton bersama anak.
1. Sokola Rimba

 

Sumber: google.com

 
Film yang diangkat dari kisah nyata dan dibukukan ini menceritakan tentang bagaimana perjuangan seorang Butet Manurung yang ditugaskan untuk mengajar masyarakat suku dalam pedalaman hutan di Jambi. Butet Manurung melihat fakta bahwa orang Rimba (sebutan masyarakat suku dalam) yang buta huruf tengah dikelabui oleh orang asing yang berusaha mengeksploitasi hutan adat. Karena orang rimba buta huruf, tanpa mengerti perjanjian surat tersebut, orang rimba mengecap dan menyetujui surat itu. Pada film Sokola Rimba kita dapat kita saksikan bahwa belajar itu merupakan hal yang penting agar tidak dibodoh-bdohi oleh orang lain. Belajar juga dapat merubah perilaku kita dalam mengambil tindakan serta mengetahui konsekuensinya. Film ini juga menampilkan bagaimana orang-orang rimba semangat dalam belajar agar mereka dapat menjaga harta adat mereka sehingga tidak ada lagi orang asing yang membodohinya. Pilihan film yang sangat cocok untuk  mendidik anak agar selalu bersyukur dan semangat karena menerima pendidikan dengan mudah.
2. Denias

 

Hasil gambar untuk poster denias

Film ini mencertitakan bagaimana seorang anak bernama Denias berjuang agar mendapatkan pendidikan gratis yang layak. Film ini juga diangkat dari kisah asli anak Papua yang bernama Janias. Denias digambarkan sebagai sosok yang rajin, jujur, berani, semangat dan giat dalam mewujudkan cita-citanya.  Meski ia berasal dari keluarga yang tidak mampu, ia menjunjung tinggi kebenaran dan tidak takut melawan yang salah. Film ini juga menyajikan keindahan sisi kehidupan Papua yang terlihat dari sumber daya alamnya, adat istiadat yang murni dan kekayaan lainnya. Dengan menonton film ini, akan membantu anak memahami agar gigih dalam mewujudkan cita-cita dan mengutamakan pendidikan. Selain itu anak juga akan mempelajari kekayaan budaya daya alam dari kehidupan Papua. Sebuah paket lengkap bukan?

 

3. Laskar Pelangi

 Hasil gambar untuk poster laskar pelangi

 

Masih dengan konsep yang sama dengan dua rekomendasi di atas. Film ini mengisahkan bagaimana anak-anak mengejar mimpinya. Berlatar di Belitung, anak-anak SD Muhammadiyah yang disebut Lakar Pelangi ini memperjuangkan segalanya agar dapat menjaga sekolahnya yang terancam akan roboh dan juga salah satu guru mereka yang meninggal dunia. Banyak rintangan yang harus dihadapi oleh para Laskar Pelangi dalam menjaga agar mimpinya tidak pudar. Film ini menunjukkan tantangan dalam memperjuangkan mimpi dan memperjuangkan pendidikan di daerah terpinggir. Tidak hanya itu, kisah penuh haru juga terjadi diantara para Laskar Pelangi. Film ini juga menunjukkan tentang indahnya berjuang bersama sahabat dan saling mendukung dalam kebaikan.

 

4. Cita-citaku setinggi tanah

 

Hasil gambar untuk poster cita-citaku setinggi tanah

 

Film cita-citaku setinggi tanah adalah salah satu film yang tidak boleh dilewatkan. Ide cerita yang sederhana yang terjadi di sekitar kita terutama pada anak-anak. Menceritakan bagaimana seorang Agus yang memiliki cita-cita ingin makan di restoran padang disaat teman-temannya bercita-cita ingin menjadi artiss, tentara dan membantu orng lain. Ia bahkan menjadi bahan ledekan teman-temannya karena memiliki cita-cita seperti itu. Meski begitu, cita-cita sederhana ini rupanya tidak sesederhana untuk orang lain, Agus merasa cita-cita ini pun berat karena untuk makan di restoran padang ia membutuhkan uang. Kenyataan bahwa ayahnya bekerja di pabrik tahu dengan bayaran yang sedikit dan ibu yang setiap hari hanya bisa masak tahu bacem untuk makan. Tanpa menggurui, film ini dimengajarkan kita untuk memulai mewujudkan apa yang benar-benar kita inginkan serta bagaimana kisah Agus dalam berusaha mewujudkan cita-citanya yang tidak kalah giat dengan yang memiliki cita-cita setinggi langit. Apapun cita-citamu, wujudkanlah!

 

5. Joshua oh Joshua

 Hasil gambar untuk poster joshua oh joshua

Film yang tayang pada tahun 2000 ini nyatanya sangat cocok apabila ditonton oleh anak saat ini. Film ini mengisahkan tentang dua Joshua dan Jejen yang bersahabat dan memiliki nasib yang sama-sama serba kekurangan. Mereka juga bekerja keras agar bisa mendapatkan uang untuk membantu orang tua mereka. Peristiwa demi peristiwa terjadi, Joshua bertemu dengan seorang ibu Jeffrey yang kaya dan baik hati dan ternyata sekian lama terungkap bahwa Joshua adalah anak dari ibu Jeffrey. Kisah haru yang tidak lepas dari awal hingga akhir film. Ide cerita yang sederhana ini bisa ditonton oleh anak untuk mengajarkan mereka tentang persahabatan, usaha dan kasih sayang antara orang tua dan anak. Film ini juga dapat membantu anak lebih bersyukur atas keadaan yang mereka alami saat ini.

 

Itulah rekomendasi 5 film yang inspiratif dan cocok untuk ditonton bersama anak. Diharapkan setelah menonton bersama anak, orang tua atau guru juga memberikan refleksi kepada anak tentang film yang baru saja ditonton. Berikan juga kesempatan kepada anak untuk menceritakan kembali berupa lisan atau bentuk tulisan sebagai penguat memori anak. Menonton film yang baik selain menghibur diri dari rasa bosan juga mendapat pelajaran-pelajaran berharga dari kisah yang disajikan oleh film. Selamat menonton!

 

 

 

sumber gambar: Google.com

Older Post Newer Post