Penyakit gangguan gizi pertama kali ditemukan adalah sariawan. Setelah diteliti lebih dalam, ternyata penyakit ini disebabkan karena kurangnya vitamin C. Di Indonesia, setiap tahunnya sejak tahun 2016 menunjukkan angka yang baik dalam Indeks Pembangunan Manusia yang berarti asupan gizi meningkat. 

Gizi atau Nutrisi merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Hal terebut berarti apabila tubuh manusia tidak terpenuhi gizinya maka akan terjadi gangguan gizi dan menghambat fungsinya. Meski tubuh memerlukan gizi, tubuh juga tidak bisa apabila menerima gizi dalam kadar yang berlebih, hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami obesitas dini, persendian, bahkan penyakit jantung. Tubuh harus mendapat asupan gizi secara seimbang.

 

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

seperti yang telah diketahui, 4 sehat 5 sempurna merupakan slogan yang mewakili makanan yang diperlukan dalam tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, serat. Namun, dalam menerapkan 4 sehat 5 sempurna kita perlu bijaksana dan cerdas, tidak bisa dilakukan sesuka hati dengan memakan makanan tanpa mengukur takaran yang diperlukan tubuh.Karena jika begitu, akan menyebabkan tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan gizi. Untuk itu, 4 sehat 5 sempurna juga perlu didukung dengan piramida gizi seimbang.

Lalu apa itu gizi seimbang?

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal.

 

Asupan gizi seimbang sangat penting untuk mempertahankan dan memperkuat daya tahan tubuh, menguatkan sel-sel otak, memiliki berat badan yang ideal dan memperbaiki kualitas hidup. Dengan asupan gizi yang seimbang, anak akan tumbuh dengan baik dan juga cerdas. 

Dalam rangka hari gizi nasional, masyarakat Indonesia terutama para orang tua penting untuk mengetahui gizi seimbang untuk anak dan keluarga. Dimulai dari kebiasaan menerapkan aturan gizi seimbang dirumah diharapkan dapat memperbaiki kelangsungan hidup yang lebih sesuai. Dengan demikian, bangsa Indonesia akan terlepas dari permasalahan gangguan gizi buruk dan dapat menghasilkan generasi cerdas dan berprestasi.

 

Yuk, pahami dan terapkan aturan gizi seimbang!

Older Post Newer Post