Tentang Kami

Gurubumi menyediakan media edukasi visual yang dibuat oleh praktisi dan penggiat pendidik Indonesia melalui platform online.

 

Apa Visi kami ?

Meratakan media edukasi visual yang berkualitas dan menyenangkan ke seluruh Indonesia agar dapat dinikmati oleh seluruh anak bangsa. Selain itu kami ingin memberikan impian dan kesempatan bagi praktisi dan penggiat pendidikan untuk berkarya dan berbagi ke seluruh Indonesia sampai pelosok.

 

Apakah Misi kami?

Kami yakin bahwa proses belajar tidak harus membosankan dan dapat diakses setiap waktu oleh seluruh Indonesia. Berikut ini hal yang penting anda ketahui tentang misi gurubumi adalah:

  1. Menjadi perusahaan nomor 1 di Indonesia dalam menyediakan media edukasi visual yang kreatif dan bermanfaat.
  2. Pusat perkumpulan para praktisi dan penggiat pendidikan sehingga dapat berbagi hasil karya, pengetahuan, dan inspirasi satu dengan yang lainnya.
  3. Inovasi visual materi edukasi merupakan hasil rumusan para praktisi pendidikan didukung oleh keahlian desainer yang berkomitmen untuk memajukan pendidikan Indonesia.
  4. Mudahnya akses pendidikan ke seluruh Indonesia yang terintegrasi dan kualitas yang terjaga bagi seluruh anak Indonesia.

Guru Bumi tercipta untuk membagi pengalaman pendidikan yang lebih bervariasi dan menarik bagi :

  • Pendidik
  • Orang Tua
  • Komunitas
  • Akademisi

 

TENTANG CO – FOUNDERS

Pertemuan Nathania, seorang desainer grafis, dengan Ibu Kunti, seorang pengajar di Sekolah Alam Cikeas, berbuah menjadi hasil. Kolaborasi mereka menghasilkan buku aktivitas anak yang pernah dijual di toko buku besar. Namun mereka menyadari, tingginya harga buku serta lokasi penjualan yang terbatas membuat penyebaran media edukasi visual berkualitas kurang merata ke seluruh Indonesia. Dengan memanfaatkan dunia maya, mereka terinspirasi untuk membentuk sebuah platform online tempat praktisi dan penggiat pendidikan formal maupun non-formal dapat berkarya dan karyanya dapat dinikmati oleh sesama pendidik dan anak bangsa.

 

NATHANIA TIFARA

 

 

Nathania melihat situasi masalah anak yang mengalami kesulitan belajar, namun mereka lebih terbantu belajar dengan media visual. Bahkan pengalaman sendiri menggunakan visual sebagai satu-satunya alat komunikasi sejak mengalami penyakit meningitis pada usia ke 2 tahun yang membuatnya kehilangan pendengaran.  Itulah mendorong Nathania menjadi Desainer Grafis dapat melengkapi desain media pembelajaran dengan visual yang menarik. Anak jadi lebih mudah mencerna pesan pembelajaran yang diberikan dengan melihat visual. Prinsip Gurubumi Indonesia salah satunya juga membantu anak-anak Indonesia mau semangat belajar dengan menerima transfer ilmu pengetahuan lewat daya tarik visual.

 

 

 

 

 

 

KUNTI INDRA K

Kunti Indra Karmadewi, wanita pecinta tanaman kelahiran Surabaya ini sejak kecil cita-citanya menjadi pendidik. Kecintaannya kepada dunia pendidikan dan tanaman mengantarkannya masuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) Jurusan Arsitektur Landscape. Setelah sempat setahun melakukan joint research di Okayama University – Jepang pada tahun 1997, Kunti kemudian mulai terlibat di pendirian dan pengembangan Sekolah Alam di Jakarta dan di beberapa daerah lainnya. Selama hampir 15 tahun aktivitasnya dikembangkan di dua dunia yang dicintainya, pendidikan dan tanaman. Pelosok tanah air dan beberapa negara telah dikunjungi untuk berbagi dan menambah wawasan. Saat ini bersama teman-temannya di Sekolah Alam Cikeas (www.sacikeas.com) mengembangkan konsep Sekolah Alam yang hakiki dan berstandar internasional. Perlahan Kunti juga sedang mengembangkan konsep edulandscape, yang memadukan keilmuan landscape dalam aplikasinya di dunia pendidikan.