ARTIKEL

promos-01

Permainan Domino Huruf

Permainan Domino Huruf Abjad ditujukan sebagai salah satu kegiatan pembelajaran menghafal bentuk dan sebutan nama abjad secara menyenangkan.

 

Tujuan Penggunaan Metode

 

Tujuan permainan Domino Huruf Abjad adalah penguasaan abjad sebagai dasar bagi kemampuan membaca. Dengan mengemasnya dalam sebuah permainan, diharapkan peserta didik dapat lebih tertarik mengulang dan menghafalkan abjad.

 

Cara Memainkan :

  1. Prinsip permainan Domino Huruf Abjad sama persis dengan permainan domino pada umumnya, yaitu pemain ditugaskan memasangkan huruf yang sama.
  2. Dengan 1 set Domino Huruf Abjad yang berisi 50 kartu, permainan ini dapat diikuti 2-4 pemain.
  3. Masing-masing pemain mendapatkan 5 kartu untuk memulai permainan.
  4. Saat memasangkan huruf yang sama, peserta didik juga harus mengucapkan huruf tersebut. Hal ini ditujukan agar selain mereka mengenali bentuk huruf yang sama, mereka juga diharapkan mulai menghafalkan nama huruf.
  5. Apabila pemain tidak memiliki pasangan huruf yang sama, maka ia diharuskan untuk mengambil kartu dari tumpukan sisa kartu yang ada sampai menemukan kartu yang dimaksud. Namun apabila tumpukan sisa kartu sudah habis, dan pemain belum juga menemukan huruf yang sama, maka kesempatan pemain tersebut dilewati dan kesempatan langsung diberikan kepada pemain berikutnya.
  6. Permainan dinyatakan selesai apabila ada pemain yang telah berhasil menghabiskan kartunya atau tidak ada pemain yang memiliki kartu dengan huruf yang berpasangan. Pada kasus kedua, pemain yang memiliki jumlah kartu paling sedikit adalah pemenangnya.

 

Silakan unduh di Domino Huruf Abjad (Berwarna) , untuk tidak berwarna (hitam putih) di Domino Huruf Abjad (Hitam Putih)


Sumber Inspirasi dari :

Domino Aksara

Category: Pendidikan
gurubumi

gurubumi

Guru Bumi merupakan platform online yang menyediakan materi edukasi visual terpadu (disamakan dengan kurikulum yang berlaku) dari praktisi dan penggiat pendidik di Indonesia.

Tinggalkan Pesan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *